Cara Sukses Dalam Bisnis Usaha Percetakan Saat Ini

Bisnis Usaha Percetakan – Bisnis percetakan saat ini cukup populer di kalangan masyarakat, terlebih lagi peranan penting dari usaha percetakan digital ini telah membantu masyarakat sekitar dalam mempermudah dari segala aspek kehidupan. Tinggi nya minat masyarakat terhadap produk multimedia ini harus anda coba untuk memulai bisnis usaha percetakan tersebut, tentu nya tujuan akhir nya adalah memuaskan konsumen serta mendapatkan cukup banyak rupiah dari bisnis percetakan tersebut.

Seperti yang anda ketahui cukup banyak produk yang dapat di hasilkan oleh percetakan digital sendiri namun kebanyakan masyarakat memesan nya sebagai ajang promosi produk secara offline untuk perusahaan nya, namun ada beberapa orang juga menggunakan jasa percetakan sebagai segala sesuatu pembuatan undangan khusus nya undangan pernikahan. Anda pun bisa melakukan custom dalam pembuatan baju kaos yaitu dengan memberikan gambar pada baju kaos dengan menggunakan mesin sablon digital milik bisnis percetakan.

Bisnis Usaha Percetakan

Ilustrasi : Bisnis Usaha Percetakan

Namun modal bisnis usaha percetakan ini tidak hanya membutuhkan kreativitas saja melainkan membutuhkan beberapa alat yang mendukung menciptakan sebuah karya multimedia seperti komputer dan printing digital. Terutama untuk modal printing digital harga nya sangat mahal namun hal tersebut akan sebanding dengan penghasilan yang anda peroleh dari konsumen. Seperti yang telah di jelaskan bisnis percetakan ini sangat lari pembeli jasa anda tentu akan sangat cepat mendapatkan balik modal hingga mendapatkan untung yang besar nanti nya.

Tips Bisnis Usaha Percetakan

Bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis percetakan digital ini maka ada baik nya anda harus mengetahui terlebih dahulu bisnis plan percetakan agar nanti nya anda mampu mempersiapkan segala kondisi saat membuka bisnis percetakan tersebut. Dengan mempertimbangkan pengeluaran modal serta pemasukan dari keuntungan jasa percetakan ini maka anda harus mengetahui cara memulai bisnis percetakan ini oleh alotekno :

  1. Jangan Pernah Menolak Order

Hal pertama yang harus anda lakukan saat baru membuka bisnis percetakan adalah jangan pernah menolak order yang di berikan kepada anda dari konsumen. Sebuah harga mati menolak order tersebut lantaran bila anda menolak pesanan dari pelanggan mungkin dikarenakan sesuatu maka anda akan saat itu juga akan di cap orang yang tidak mampu menangani tugas tersebut, sehingga membuat para calon pelanggan akan ragu dengan kemampuan yang anda miliki.

Bila memang pekerjaan yang di pesan oleh konsumen kepada anda terlampau sulit maka coba lah mencari referensi di segala sumber seperti internet, buku, majalah dan sebagai nya bila perlu anda datangi ke beberapa teman anda yang sudah pengalaman dalam mengerjakan tugas tersebut. Lagi pula bila anda terbiasa dalam mengerjakan masalah yang sulit dari konsumen maka anda akan terbiasa untuk menyelesaikan tugas berat yang di berikan anda tentu nya hal tersebut akan meningkatkan pengalaman anda.

  1. Jangan Pernah Malu Bertanya

Di sebabkan anda baru pertama kali berkecimpung di dunia percetakan khusus nya bisnis usaha percetakan tersebut maka sebaiknya anda harus banyak belajar kepada orang yang sudah berpengalaman di dalam bidang nya. Seperti memulai bisnis percetakan atau pun bertanya seputar ilmu desain grafis yang menjadi pondasi awal bisnis percetakan digital tersebut.

Misal anda ingin membeli mesin cetak digital printing maka tanya lah kepada teman anda yang sudah pernah membuka bisnis percetakan tersebut. Biasanya harga dari mesin cetak tersebut cukup lah mahal mungkin di kisaran harga 100 hingga 200 juta. Cari lah toko yang menjual mesin cetak tersebut kalau bisa beli lah mesin elektronik yang baru jangan yang bekas, lantaran dalam dunia teknologi bila membeli elektronik bekas akan rawan rusak selain itu masa aktif dari mesin bekas relatif pendek karena sering rusak pada akhir nya. Beli lah mesin cetak yang sesuai untuk kebutuhan bisnis anda nanti nya dan pertimbangkan harga dari mesin cetak tersebut sesuai dengan budget anda.

Setelah anda berhasil membeli mesin cetak tersebut maka tentu anda harus membeli bahan bahan lain nya seperti kertas atau pun bahan cetak lain nya. Bila anda kesulitan untuk mencari kebutuhan tersebut maka jangan segan untuk bertanya kepada rekan anda yang sudah pengalaman, namun biasanya menurut pengalaman para pebisnis akan merahasiakan distributor dalam proses distribusi bahan bahan keperluan bisnis. Apabila hal tersebut terjadi maka jalan satu satunya adalah bertanya kepada pegawai dari toko percetakan tersebut untuk digali informasi nya.

  1. Tahapan Produksi

Setelah dirasa anda sudah menyiapkan segala sesuatu keperluan perusahaan diantaranya seperti menyewa toko, membeli mesin cetak, mencari pegawai yang kompeten, membeli bahan bahan yang di perlukan nah setelah anda berhasil melalui tahap tersebut maka tahap selanjut nya perlu anda perhatikan adalah tahap produksi. Di tahap produksi produk ini sangat lah komplek lantaran setiap perusahaan memberlakukan siklus produksi berbeda beda satu perusahaan dengan perusahaan lain nya, namun seiring berjalan nya waktu anda akan terbiasa dan mengetahui tahap produksi yang terbaik tentu nya sesuai dengan kondisi perusahaan anda dari pengalaman. Tapi tidak perlu khawatir setiap tahap produksi pada umum nya sama cuman menyesuaikan saja, seperti :

  • Mencari pelanggan, bagi anda yang kesulitan mencari pelanggan anda dapat menggunakan media sosial, internet, iklan brosur atau anda pun dapat merekrut pegawai khusus bidang marketing yang memiliki tanggung jawab untuk mendapatkan konsumen baik dari perusahaan swasta maupun negeri
  • Setelah anda berhasil mendapatkan pelanggan maka saat nya anda menerima order atau pesanan dari pelanggan anda untuk di kerjakan, ingat jangan sekali kali anda menolak order dari konsumen seperti yang di jelaskan diatas
  • Setiap order memiliki biaya cetak yang berbeda beda biasanya berdasarkan beberapa parameter pendukung lain nya seperti biaya bahan atau pun tingkat kesulitan dalam mendesain grafis
  •  Tentukan komponen produksi yang di butuhkan
  • Lakukan setiap proses produksi sesuai dengan pesanan dari pelanggan anda
  • Quality Control, lakukan proses pengecekan hasil setiap produksi yang telah dibuat yaitu dengan melihat hasil produksi dan mencari beberapa hal yang membuat produk tersebut buruk untuk segera di perbaiki, karena bisnis usaha percetakan ini menjual kualitas
  • Proses packing, untuk proses packing lakukan packing yang bagus dan sempurna karena packing yang bagus akan membuat konsumen suka dengan produk anda nanti nya.
  • Delivering, bila anda memberlakukan sistem antar produk ke konsumen akan menjadi opsi lebih bahwa perusahaan anda selain mengutamakan kualitas juga mengutamakan pelayanan yang prima
  • Pembayaran

Kesimpulan

Bila anda masih memiliki modal yang dirasa cukup banyak maka sebaik nya jangan terlalu bersemangat untuk melakukan investasi besar untuk mesin cetak terbaik, karena saat proses perusahaan baru berjalanan biasanya akan mengalami masalah masalah untuk menyelesaikan nya, lakukan juga proses review setiap bulan nya untuk melihat kekurangan apa saja yang perlu untuk ditutupi, sehingga sisa modal anda pada akhir nya dapat di jadikan penutup kekurangan perusahaan anda nanti nya. Sekian artikel tentang cara bisnis percetakan, terimakasih.

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
  • Random Post