Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Awet

Cara Merawat Baterai HP / Smartphone – Smartphone saat ini benar benar tak bisa lepas dari kehidupan kita. Ketika kita ingin mengabadikan momen yang di keluarkan adalah smartphone, ketika ingin mengobrol jarak jauh dengan pacar menggunakan smartphone, dan masih banyak lagi. Rasanya smartphone adalah salah satu alat yang paling penting saat ini, pastinya kita harus selalu mengisi baterai secara penuh agar saat dibutuhkan masih bisa digunakan. Baru nge charge tapi baru digunakan sebentar baterai smartphone langsung habis, lagi telpon pacar tiba tiba baterai habis, apakah itu penyebabnya karena kualitas baterainya yang buruk? belum tentu, itu dikarenakan ada yang salah saat kita meng charge atau ada aplikasi berat yang berjalan secara tersembunyi yang menyebabkan baterai kita menjadi cepat habis dan panas.

cara merawat baterai hp

cara merawat baterai hp

Cara Merawat Baterai HP Agar Awet

Baterai smartphone yang tidak awet dikarenakan ada yang salah saat kita meng charge baterai kita. Kita harus tau apa penyebab baterai yang cepat habis, agar di saat saat penting masih bisa di gunakan.  Simak bagaimana cara merawat baterai hp yang benar di bawah ini:

1. Lihat Jangka Waktu Pengisian

Saat kita meng charge hp harus diperhatikan, jangan dibiarkan sampai terisi penuh dengan waktu yang lama (berlebihan). Setiap baterai memiliki kapasitas tertentu yang telah ditetapkan, untuk smartphone yang belum memiliki fitur fast charging biasanya untuk ukuran 1000 – 3000 MAH pengisiannya selama 2-3 jam dan sedangkan untuk ukuran baterai 3000-5000 MAH dalam pengisiannya memakan waktu 3-4 jam, maka dari itu pelajari juga biasanya berapa jam smartphone anda penuh dalam pengisiannya.

Baterai memiliki 2 jenis lithium – ion dan ada juga yang berbahan nikel. Baterai jenis bahan nikel di sarankan untuk di isi saat daya baterai itu sudah habis. Jenis baterai nikel adalah jenis baterai zaman hp zaman dulu, untuk baterai ber jenis lithium – ion cara meng charge yang benar adalah ketika daya baterai sudah berada di sekitar di bawah 50% – 20% agar baterai selalu awet.

cara merawat baterai hp

Disarankan baterai berjenis lithium – ion perlu melakukan pengurasan baterai sekali sekali untuk keperluan kalibrasi. Habiskanlah daya baterai hingga mencapai 0%, contoh sebulan sekali atau terserah anda namun jangan terlalu sering, dan dalam men charge smartphone dalam keadaan mati dan jangan pernah digunakan ketika baterai belum mencapai full 100%.

2. Jangan Sering Sering Menggunakan Power bank

Mengutamakan penggunaan power bank bagi kebanyakan orang orang awam dalam meng charge itu adalah kesalahan besar, namun kalau digunakan hanya seperlunya saja tentu tidak masalah, jangan jadikan power bank menjadi pilihan utama dalam meng charge smartphone kesayangan anda. Jika kita terlalu sering menggunakan power bank maka smartphone kita menjadi mudah panas, sebenarnya dalam meng charge yang tepat adalah langsung ke stop kontak listrik ke smartphone. Gunakanlah power bank dengan bijak, seperti anda sedang berada di luar rumah dan tidak memungkinkan untuk meng charge lewat stop kontak.
cara merawat baterai hp

3. Jauhkan Smartphone Anda Dari Tempat yang Panas

Meletakkan smartphone di tempat yang panas harus di hindarkan apalagi sampai berlama lamaan diletakkan di tempat tersebut, karena smartphone sensitif dengan tempat yang panas dan tentunya akan memudahkan nya untuk mengalami kerusakan. Seperti baterai yang berbahan lithium – ion, baterai ini disarankan  berada di tempat yang mempunyai suhu 15 derajat celsius, dan baterai ini mampu menangani suhu dari -40 derajat sampai 50 derajat celsius.

4. Colokkan Charger Ke Stop Kontak Dahulu, Lalu Sambungkan Ke HP

Mungkin hal ini hanya terdengar sangat sepele, namun jangan menyepelekan hal yang remeh ini, karena dalam prosedur meng charge baterai yang benar adalah menyolokkan charger terlebih dahulu ke stop kontak, lalu sambungkan ke hp. Masih tidak percaya? coba buku manual smartphone kamu.

cara merawat baterai hp

Jika mencolokkan ke ponsel dulu setelah itu mencolokkan charger ke stop kontak akan mengakibatkan gelombang kejut yang akan masuk ke smartphone mu. Bila hal itu selalu terjadi pada saat kamu meng charge, dapat dipastikan baterai akan cepat rusak. Lain hal nya jika mencolokkan dahulu charger ke stop kontak, tegangan kejut terjadi sangat kecil. Tetapi, setelah selesai mengisi yang dicabut dahulu adalah smartphonenya, baru chargernya. Tips ini tidak hanya berlaku pada smartphone saja, tetapi untuk semua baterai yang berjenis ithium – ion berlaku juga.

cara merawat baterai hp

5. Jangan Sampai Mengisi Sampai Semalaman

Banyak yang berkata apabila baterai sudah penuh, maka charger dengan otomatis akan memutus arus listrik yang masuk. Jawaban tersebut bisa jadi benar, dan bisa juga salah. Jawaban benarnya ketika baterai sudah penuh, arus listrik yang masuk ke Smartphone akan berjalan lebih lambat dan meringankan arus listrik. Tetapi apa bila memberhentikan arus listriknya benar benar berhenti jawabannya salah. Arus tetap masuk tetapi intensitasnya lebih kecil.

Inilah beberapa ulasan kami tentang cara merawat baterai hp yang tentunya sangat kami sarankan untuk anda lakukan kepada smartphone kesayanganmu agar baterainya awet lebih lama.

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
  • Random Post