6 Cara Memaksimalkan Web e-commerce untuk Meningkatkan Brand Produk

Bulan Agustus 2017, Jack Ma resmi menjabat sebagai penasihat bisnis e-commerce di Indonesia. Hal ini mengindikasikan, pertumbuhan e-commerce semakin pesat sehingga membutuhkan wadah untuk mengakomodasi pergerakannya. Apalagi dengan munculnya investor asal Tiongkok yang menanamkan modal ke Tokopedia beberapa waktu lalu.

Bisnis e-commerce bermula pada tahun 1999. Saat itu, bhinneka.com, detik.com, dan Kaskus hadir sebagai pionir. Selain ketiga situs tersebut, sanur.com lebih dulu muncul sebagai toko buku online pertama. Namun, krisis moneter di akhir abad ke-21 membuat sanur.com gulung tikar. Sementara itu, Bhinneka, Detik, dan Kaskus masih bertahan sampai sekarang.

Seiring dengan perkembangan teknologi, e-commerce kini berinovasi. Dulu, Anda harus pergi ke warnet untuk mengakses situs webnya. Namun sekarang, bisa diakses melalui laptop maupun smartphone dengan kuota internet general. Nah, untuk memaksimalkan web e-commerce, berikut ini enam cara yang bisa dilakukan.

  • Memasang Aplikasi Chat Commerce di Web
Memasang Aplikasi Chat Commerce di Web

Memasang Aplikasi Chat Commerce di Web

Internet General – Linkedln

Chat commerce merupakan pengembangan dari aplikasi online chat. Fitur ini tidak hanya digunakan untuk chatting, tetapi juga menindaklanjuti pembelian. Konsumen bisa langsung membayar lewat chat. Bahkan, dasbornya dapat mengatur koneksi dengan channel penjualan lain dalam waktu yang sama.

Platform chat commerce bisa dipasang di web Anda. Salah satu keuntungannya adalah menghemat biaya dan meningkatkan conversion rate. Fakta ini didukung oleh studi dari American Online Consumer, 68% calon pembeli lebih memilih chat online sebagai media pencarian detail produk. Sekitar 20% dari jumlah tersebut, memutuskan untuk membelinya.

Lalu, aplikasi chat commerce mana saja yang paling baik untuk web penjualan? Anda bisa mencari informasi mengenai fitur tersebut melalui internet. Namun, pastikan kuota sudah terisi agar dapat berselancar tanpa hambatan. Tak perlu repot ke konter untuk membelinya karena sekarang banyak agen pulsa online. Misalnya, dengan membeli paket internet di situs Traveloka.com.

  • Membuat Blog dengan Konten Marketing
Membuat Blog dengan Konten Marketing

Membuat Blog dengan Konten Marketing

Internet General – Duniailkom

Blog merupakan fitur untuk menayangkan berbagai jenis artikel. Untuk memaksimalkan web e-commerce, cobalah membuat tulisan di blog seputar produk Anda. Pun bisa tentang hal-hal yang berhubungan dengan jenis produk di web.

Sebagai contoh, Anda menjual produk kosmetik, berarti bisa menulis artikel mengenai tips kecantikan. Nah, dalam artikel ini sisipkan promosi secara softselling. Lebih baik lagi jika mampu menampilkan deskripsi produk. Misalnya, tentang brand terbaru, suvenir menarik setiap pembelian, atau potongan harga di momen tertentu.

Kalau bisa, buatlah ulasan pemakaian produk. Artikel seperti ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand Anda. Selain itu, tulisan seputar kegiatan atau event perusahaan juga bisa ditayangkan untuk menarik minat. Tak perlu kalimat panjang dalam menceritakannya. Cukup 3-4 paragraf, asalkan mengena di hati pembaca, dengan seperti itu dapat memaksimalkan web e-commerce.

  • Menyisipkan Video Produk di Web
memaksimalkan web e-commerce

memaksimalkan web e-commerce

Internet General – Hey Sippy

Anda pernah mendengar istilah vlogging? Eksistensi vlogging mulai terlihat sejak tahun 2004. Saat itu, Yahoo! menjadi pelopornya dengan membuat keanggotaan grup video blogging. Kemudian, tahun 2005, muncul YouTube sebagai channel penayangan video paling populer. Melalui YouTube, semua orang bisa melihat, mengunggah, serta membagi video ke pengguna lainnya.

Kini, penayangan vlogging tidak hanya di channel YouTube. Berbagai web pun menjadi sasarannya. Anda bisa membuat video seputar produk, lalu mengunggahnya ke halaman web. Supaya proses tersebut berjalan lancar, jangan lupa mengisi kuota internet general lewat konter maupun agen pulsa seperti Traveloka.

Untuk membuat video yang tepat, Anda harus mengetahui sasaran penjualan. Sebagai contoh, target pemasaran adalah remaja, berarti konten video harus easy going dan fun. Jika proyeksi konsumen tertuju pada anak-anak SD, buatlah konten dengan bahasa yang mudah dipahami.

  • Tampilkan Testimoni Pengguna Produk Anda
Tampilkan Testimoni Pengguna Produk Anda

Tampilkan Testimoni Pengguna Produk Anda

Internet General – Interactive video

Testimoni diartikan sebagai pengakuan atau pernyataan sikap mengenai suatu hal. Salah satunya testimoni pemakaian produk barang atau jasa. Testimoni sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata konsumen. Apalagi saat ini sedang marak penipuan di internet. Karena itu, keberadaan testimoni bisa membantu untuk meyakinkan konsumen.

Untuk memaksimalkan penjualan produk e-commerce, tampilkan testimoni produk di website. Menurut studi Sabrina Setiawati (2015), testimoni memiliki pengaruh 88% terhadap pengambilan keputusan pembelian secara online. Artinya, sebagian besar konsumen baru akan tertarik jika di web terdapat testimoni dari pembeli sebelumnya.

Anda boleh mengedit kalimat testimoni, tetapi ejaannya saja. Kalau terlalu berlebihan, dikhawatirkan mengurangi kepercayaan konsumen. Kemudian, carilah tokoh-tokoh berpengaruh untuk memberikan testimoni di web. Namun, jangan lupa, berikan apresiasi sederhana atas kesediaannya memberikan kesan dan pesan.

  • Mengoptimalkan Fungsi Beranda Web
Mengoptimalkan Fungsi Beranda Web

Mengoptimalkan Fungsi Beranda Web

Internet General – Specky Geek

Beranda adalah halaman pertama yang ada di web. Meskipun tidak berisi produk, Anda harus memperindah tayangan di beranda. Misalnya, dengan menampilkan product upsell. Berikan kesempatan kepada konsumen untuk melihat jenis produk unggulan di situs e-commerce.

Di halaman beranda, juga bisa diisi dengan company profile. Upayakan menyertakan video tentang perusahaan Anda. Selain video, tampilkan newsletter berisi informasi diskon menarik. Tak hanya itu, artikel berita atau foto kegiatan pun dapat ditayangkan di beranda.

  • Memaksimalkan Aplikasi Mobile
Memaksimalkan Aplikasi Mobile

Memaksimalkan Aplikasi Mobile

Internet General – NetDoctor

Lebih dari 300 juta orang di Indonesia aktif menggunakan ponsel. Setiap tahun, pertumbuhan pengguna mobile mencapai 9%. Artinya, e-commerce memiliki peluang besar untuk memasarkan produk melalui aplikasi smartphone. Jadi, tidak ada salahnya mempromosikan web e-commerce Anda lewat fitur mobile. Cara ini tidak hanya mendongkrak penjualan, tetapi juga meningkatkan popularitas brand.

Media sosial, seperti Facebook dan Instagram juga efektif untuk mengenalkan link ke situs e-commerce. Menurut studi We Are Social, lebih dari 72 juta pengguna internet lebih banyak membuka media sosial saat online. Sementara itu, 62 juta dari jumlah tersebut memilih smartphone sebagai perangkat utama.

Itulah enam cara memaksimalkan web e-commerce untuk meningkatkan brand produk. Selain ilmu pemasaran dan pengetahuan teknologi, koneksi internet pun menjadi penentu utama keberhasilan bisnis e-commerce. Tanpa internet general, Anda tidak bisa menjalankan web maupun aplikasi lainnya. Karena itu, segera beli di konter terdekat atau melalui agen pulsa, seperti Traveloka.

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • memaksimalkan web e-commerce

    6 Cara Memaksimalkan Web e-commerce untuk Meningkatkan Brand Produk

    Bulan Agustus 2017, Jack Ma resmi menjabat sebagai penasihat bisnis e-commerce di Indonesia. Hal ini mengindikasikan, pertumbuhan e-commerce semakin pesat sehingga membutuhkan wadah untuk
  • a31abc20177415.562e6eec7d6ee

    Jenis-jenis Teknik Fotografi yang Populer

    Jenis Jenis Fotografi - Di era digital ini, foto adalah momen yang tidak mungkin ditinggalkan, dengan foto kita dapat mengabadikan momen di sebuah frame. Foto dengan mudah kita dapatkan dimana mana
  • Bisnis Game Online

    Bisnis Game Online yang Menjanjikan

    Bisnis Game Online - Banyak yang mengira usaha warnet saat ini sudah akan menemui ajalnya, pasalnya bisa dibuktikan juga banyaknya warnet yang sudah tutup karena sepi pelanggan, selain itu sudah
  • cara merawat baterai hp

    Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Awet

    Cara Merawat Baterai HP / Smartphone - Smartphone saat ini benar benar tak bisa lepas dari kehidupan kita. Ketika kita ingin mengabadikan momen yang di keluarkan adalah smartphone, ketika ingin
  • Contoh-Usaha-Berbasis-Teknologi

    Contoh Usaha Berbasis Teknologi Yang Menjanjikan Cepat Kaya

    Contoh Usaha Berbasis Teknologi - Dunia bisnis khusus nya bisnis teknologi informasi merupakan bisnis yang cukup lah menjanjikan dari segi keuntungan maupun dari segi kemudahan dalam menjalankan nya.

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
  • Random Post